Selasa, 08 Juli 2014

Agresi Militer Belanda I

Meskipun Indonesia sudah merdeka pada 17 Agustus 1945, pihak Belanda masih menyerang Indonesia. Salah satu bentuk penyerangan Belanda terhadap Indonesia adalah Agresi Militer Belanda I. Bagaimanakah kejadian dari peristiwa tersebut?

   Meskipun pihak Indonesia dan pihak Belanda sudah mempersetujui hasil dari perjanjian Linggarjati, tetapi pihak Belanda tetap saja mau merebut wilayah kekuasaan Indonesia yang sangat kecil. Dengan adanya peristiwa ini, artinya pihak Belanda sudah melanggar perjanjian Linggarjati. Apakah nama peristiwa ini?
   Agresi Militer Belanda I adalah suatu serangan militer pihak Belanda di wilayah Jawa dan wilayah Sumatera pada 21 Juli 1947 sampai 5 Agustus 1947. Akibat dari peristiwa ini, wilayah indonesia semakin menjadi sempit setelah Belanda menduduki sebagian wilayah Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.
   Agresi Militer Belanda I ini bertujuan untuk merebut perkebunan yang kaya akan SDA dan daerah yang memiliki banyak minyak dan SDA. Dengan adanya peristiwa ini, membuat negara tetangga dan dunia Internasional protes. Wakil dari pihak India dan pihak Australia akhirnya mengusulkan kepada Dewan Keamanan  PBB untuk diadakannya sidang. Atas tekanan dari Dewan Keamanan akhirnya pihak Belanda menghentikan pertempuran yang terjadi di Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar