Senin, 07 Juli 2014

Perjanjian Linggarjati

   360 tahun Republik Indonesia dijajah, tetapi kebanyakan pemuda-pemudi jaman sekarang melupakan jasa-jasa para pahlawan Indonesia. Agar tidak lupa, saya ingatkan. Pertama-tama perjanjian linggarjati, apakah kalian tahu apa itu perjanjian Linggarjati?

   Pemerintah Inggris menyadari bahwasanya sengketa antara pihak Belanda dan Indonesia tidak bisa diselesaikan dengan cara melalui peperangan. Pemerintah Inggris berusah mempertemukan kedua belah pihak yaitu pihak Belanda dan pihak Belanda dalam perundingan. Apakah nama perundingan tersebut?
   Perjanjian Linggarjati adalah suatu perundingan di Linggarjati, Jawa Barat yang dimana mempertemukan antara pihak Indonesia dan pihak Belanda pada 10 November 1946. Perdana Menteri Sutan Syahrir adalah pemimpin degladasi Indonesia dan Van Mook adalah pemimpin degladasi Belanda.
   
Van Mook                            Sutan Syahrir

   Hasil dari perjanjian tersebut di umumkan pada 15 November 1946 dan disetujui oleh kedua belah pihak. Naskah hasil perundingan secara resmi ditandatangani oleh pihak Belanda dan pihak Indonesia pada 25 Maret 1947. Hasil dari perjanjian tersebut sangat merugikan pihak Indonesia karena menjadikan wilayah Indonesia menjadi sempit. Hasil perjanjian tersebut ialah...
1. Pihak Belanda hanya mengakui  wilayah Indonesia secara de facto sebatas Jawa, Madura, dan Sumatera.
2. Belanda harus meninggalkan wilayah Indonesia paling lambat pada 1 Januari 1949
3. Pihak Belanda dan Indonesia bersama-sama akan membentuk Negara Indonesia Serikat (RIS) yang terdiri atas:
   - Negara Republik Indonesia,
   - Negara Indonesia Timur, dan
   - Negara Kalimantan.
4. RIS dan Belanda merupakan suatu UNI / kesatuan yang dinamai Uni Indonesia-Belanda yang diketuai oleh ratu Belanda.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar